Bungkus Kado dari Barang Bekas

Bungkus Kado dari Barang Bekas

Sebentar lagi hari raya Natal akan tiba. Sudahkah Anda mulai berbelanja hadiah Natal untuk seluruh keluarga dan sahabat? Sudahkah Anda memikirkan kado-kado tersebut akan dibungkus dengan apa?

Menurut Stanford University Amerika Serikat, jika setiap keluarga di Amerika membungkus tiga buah kado dengan kertas bekas, maka kertas yang bisa dihemat akan mampu menutup 45.000 lapangan sepak bola! Itu baru di Amerika saja, bayangkan jika penghematan kertas bisa dilakukan di seluruh dunia, entah berapa banyak kertas yang bisa dihemat, dan berapa pohon yang akan terselamatkan dari penebangan.

Berikut ini ada sepuluh ide mengenai pembungkus kado dari bahan bekas, sisa, atau daur ulang yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Ayo berhemat kertas, dan selamatkan bumi!

1. Manfaatkan komik bekas untuk membungkus kado lengkap dengan pitanya

2. Gunakan kertas bekas berwarna coklat dengan tulisan dari koran atau buku bekas, ditambah pita dari tas plastik berwarna

3. Kantong kertas bekas, gulungan kertas toilet, kertas sobekan majalah lama, dan pita bekas pun bisa menjadi pembungkus kado yang menarik

4. Kertas bekas berwarna coklat, dedaunan, dan buah pinus (atau buah lainnya) yang dikeringkan akan membuat hadiah Natal Anda terlihat unik

5. Jika Anda tetap ingin memakai kemasan yang bukan barang bekas, coba cari pembungkus kado yang terbuat dari kertas daur ulang seperti pada gambar ini

6. Coba bikin sendiri kertas pembungkus kado Anda, meskipun tidak mudah, tapi tutorial ini patut dicoba: How to Make Seed Embedded Plantable Paper.

7. Kertas bekas berwarna coklat selalu memunculkan kesan natural. Coba padukan dengan teknik sablon untuk membuat motif, dan gunakan mesin jahit zig-zag untuk mengunci bungkusan. Hemat lem, pita perekat, sekaligus menjadi elemen dekoratif yang cantik.

8. Gunakan berbagai barang sisa dari laci kantor Anda: kertas, amplop, label, hingga perangko bekas untuk memberi kesan bahwa kado Anda dikirim dari jauh.

9. Ketika tas plastik belum populer, orang Jepang memiliki tradisi Furoshiki, yaitu membungkus dan membawa barang dengan kain. Anda bisa memanfaatkan sapu tangan lama atau menyambung beberapa potong kain perca untuk membungkus kado.

10. Kertas coklat memang menarik untuk dijadikan bungkus kado; kali ini tambahkan benang sisa warna-warni sebagai pengikat dan potongan kertas partitur untuk membuat pitanya.

Selamat berkreasi...!

--

(sumber: treehugger | sumber gambar lain: pixabay)

 

1.   

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location