Gumshoe: Sepatu dari Limbah Permen Karet

Gumshoe: Sepatu dari Limbah Permen Karet

Mengunyah permen karet merupakan hobi yang universal, sayangnya hobi ini menghasilkan sampah yang bertebaran di jalan-jalan ketika orang meludahkannya, tak jarang sandal atau sepatu kita pun menjadi korbannya. Daripada menempel di sepatu, bagaimana jika limbah permen karet itu sekalian saja dijadikan sol sepatu? 

Inilah yang dikerjakan bersama-sama oleh iamsterdam (organisasi pemasaran kota Amsterdam, Belanda), Explicit Wear (perusahaan desain fashion Belanda), dan Gumdrop Ltd, sebuah perusahaan yang didirikan di Inggris untuk mengolah limbah permen karet menjadi material baru yang dapat digunakan oleh industri plastik dan karet.

Upaya ini dilakukan untuk mengatasi masalah sampah permen karet yang mengotori trotoar dan jalan-jalan di kota Amsterdam dan menjaga kebersihannya, sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sampah yang mereka hasilkan dan mereka buang. Setiap tahun, pemerintah kota Amsterdam menghabiskan biaya jutaan dolar untuk membersihkan lebih dari 3,3 juta pon (setara dengan 1,5 juta kilogram) sisa permen karet yang dibuang di jalan dan trotoar kota tersebut.

Produk ini diberi nama Gumshoe. Badan sepatu terbuat dari kulit asli, sementara sol-nya terbuat dari senyawa yang dapat didaur ulang yang disebut Gum-Tec, di mana 20 persen dari senyawa ini adalah limbah permen karet. Untuk setiap empat pasang sepatu, dibutuhkan sekitar 2,2 pon (1 kg) limbah permen karet.

Senyawa Gum-Tec diolah menjadi butiran terlebih dahulu, kemudian dicetak menjadi sol sepatu yang menampilkan gambar peta jalan kota Amsterdam. Senyawa ini sama kuatnya dengan karet biasa, dan memunculkan bau permen karet, tapi tidak lengket.

Gumshoe akan mulai dipasarkan bulan Juni mendatang dengan harga 200 Euro (sekitar 3.350.000 Rupiah), dan sudah bisa dipesan secara pre-order di situs Explicit Wear.

---

(dirangkum dari: The Verge, Fortune, Footwear News, Highsnobiety, dan The Jakarta Post)

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location