Cek Kesehatan Anda dengan Modul Sensio

Cek Kesehatan Anda dengan Modul Sensio

Ponsel pintar (smartphone) telah mampu memberi kita kegunaan lain, seperti kalkulator, pemutar musik digital, dan kamera. Perusahaan chip komputer MediaTek berupaya menambah kemampuan ponsel pintar dengan fasilitas untuk memeriksa kesehatan pemiliknya.

Perusahaan semikonduktor Taiwan tersebut baru saja mempublikasikan Sensio, sebuah biosensor yang akan membuat smartphone mampu memeriksa detak jantung, tekanan darah, denyut jantung, jumlah oksigen dalam darah (SpO2); mengukur photoplethysmography (PPG, perubahan volume darah atau udara dalam organ tubuh), dan melakukan elektrokardiogram (EKG, aktivitas listrik jantung dari waktu ke waktu.) Data ini dapat disajikan hanya dalam waktu sekitar 60 detik saja.

Modul ini akan dijual ke produsen smartphone untuk dipasang pada telepon produknya, namun untuk itu diperlukan sensor yang peka terhadap cahaya dan dioda pemancar cahaya - dua buah di bagian samping telepon, dan satu di bagian belakang telepon. Pemasangan komponen ini akan membuat sebuah loop tertutup antara jantung dan biosensor untuk pengukuran yang lebih akurat. Produsen smartphone dapat mengembangkan modul mereka sendiri untuk menyajikan data ini, dan jika mereka ingin menggunakannya, MediaTek akan memberikan informasi tentang pihak ketiga yang membuat interface-nya.

 

Prosesor MediaTek banyak digunakan pada ponsel Android dengan rentang harga murah hingga menengah, namun MediaTek menyatakan bahwa ponsel yang akan digunakan untuk mengoperasikan Sensio tidak harus menggunakan chip MediaTek. Semua produsen ponsel dapat memasukkan Sensio ke dalam produk mereka dengan melakukan beberapa penyesuaian mekanisme atau sistem. Dengan demikian, produsen ponsel harus menambahkan sensor serta melakukan beberapa modifikasi pada desain produknya.

Sensio tidak dirancang untuk memberikan solusi medis kepada penggunanya. MediaTek sendiri menyatakan bahwa Sensio memiliki keterbatasan pada perangkat lunak serta beberapa faktor terkait lain yang mungkin berpengaruh pada akurasi data dan informasi yang disajikannya. Modul ini juga belum mendapatkan persetujuan dari FDA (Food and Drug Administration). Meskipun demikian, pengguna Sensio akan bisa menunjukkan data yang direkam oleh sensor kepada dokter yang memeriksa sebagai informasi tambahan.

Sensio juga tidak akan menyaingi perangkat semacam FitBit, dan tidak dirancang untuk menunjukkan data terkait dengan kebugaran pemakainya seperti berapa kalori yang terbakar maupun berapa jarak yang ditempuh penggunanya ketika berjalan kaki atau berlari. Target Sensio memang hanya akan berkisar pada kesehatan saja, bukan hal lainnya.

MediaTek akan memamerkan Sensio di event CES 2018, dan berharap bahwa aplikasi Sensio akan bisa mulai dinikmati konsumen tahun depan. Sebelum itu, silakan lihat spesifikasi dan cara kerja Sensio pada video di bawah ini:

---

(dirangkum dari: Digital Trends, Anand Tech, & TASS)

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location