EverSleep: Aplikasi yang Menjamin Tidur Anda Nyenyak

EverSleep: Aplikasi yang Menjamin Tidur Anda Nyenyak

Setelah beberapa tahun dipasarkan, saat ini beberapa aplikasi yang dibuat untuk memonitor aktivitas tidur sudah mampu mengukur dengan baik seberapa banyak kita tidur. Sayangnya, aplikasi tersebut belum mampu memberikan penafsiran atas hasil pengukurannya, atau menunjukkan bagaimana caranya meningkatkan kualitas tidur kita.

Somno Health mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama EverSleep, dan menjanjikan bahwa aplikasi yang dikembangkannya itu tidak hanya bisa memantau pola tidur Anda tapi juga akan mendeteksi kondisi-kondisi yang sering dialami manusia ketika tidur, seperti: mendengkur, apnea (tiba-tiba berhenti bernapas), dan insomnia. Perusahaan yang berkantor pusat di Golden, Colorado ini meluncurkan kampanye crowdfunding Indiegogo untuk membuat aplikasi pelacak tidur komprehensif tersebut. Somno Health berharap bisa mendapatkan dana sekitar $ 40.000 melalui Indiegogo.

Perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa EverSleep Personal Sleep Tracker akan menggunakan teknologi pemantauan oksigen yang sama dengan yang digunakan oleh para profesional di bidang kesehatan. EverSleep juga menyediakan layanan bimbingan personal untuk membantu mengatasi masalah tidur.

Pengguna EverSleep nantinya akan dapat mengunduh aplikasi analisis sederhana yang merinci pengukuran tidur di setiap malam dan menjelaskan penyebab kelainan tidur seperti dengkur, insomnia, gangguan pernapasan (yang dapat disebabkan oleh sleep apnea), denyut nadi, gerakan mikro, dan tingkat oksigen dalam darah secara kontinyu. Umumnya tes ini membutuhkan biaya ratusan dolar, dan biasanya hanya digunakan untuk jangka waktu terbatas.

EverSleep menggunakan teknik non-intrusif untuk mengukur oksigen darah, parah-ringannya dengkuran, denyut nadi, fragmentasi tidur, gerakan mikro otonom, dan jangka waktu seseorang berada di tempat tidur. Dengan menggunakan empat sensor yang berbeda untuk melacak lebih dari 20 aspek tidur, aplikasi ini menganalisis perbedaan antara masing-masing masalah tidur dan memberi Anda tip khusus untuk memperbaikinya.

Sebagai contoh, aplikasi ini akan membedakan beberapa jenis insomnia, masing-masing dengan berbagai rekomendasi tentang bagaimana mengobatinya. Aplikasi ini mungkin akan menanyakan apakah Anda memiliki alergi yang mungkin menjadi penyebab terjadinya gangguan pernapasan dan menyebabkan insomnia.

Sebaliknya, laboratorium tidur sering membutuhkan rujukan khusus, kabel-kabel yang berseliweran, dan memberikan hasil yang harus ditafsirkan oleh para spesialis masalah tidur. Hasilnya tidak bisa langsung didapatkan, dan harga testnya pun mahal, yakni sekitar $ 1.200.

Bagaimana cara kerja EverSleep?

Aplikasi EverSleep di sistem iOS dan Android diperkirakan akan siap dalam waktu sekitar satu bulan, dan akan dipasarkan bersamaan dengan perangkat kerasnya, yang terdiri dari kawat dengan sensor yang menempel ke ujung jari Anda serta sebuah gelang serupa arloji yang melingkari pergelangan tangan Anda.

Tim Somno Health terdiri dari insinyur dan dokter berpengalaman yang telah memiliki jam terbang tinggi dalam memetakan aktivitas tidur. Anggota tim David Tobler dan Chris Cowley adalah insinyur perangkat medis yang mendalami teknologi pemantauan oksigen; sedangkan pendirinya, Craig Pickerill adalah seorang dokter ahli masalah tidur dan juga seorang pengusaha yang membangun jaringan laboratorium tidur.

---

(dirangkum dari berbagai sumber: VentureBeat, EverSleep & Indiegogo)

Comments (0)

There are no comments posted here yet

Leave your comments

Posting comment as a guest. Sign up or login to your account.
Attachments (0 / 3)
Share Your Location